Blog #1


Menggunakan Tabung LPG Secara Aman

Bagaimana cara menggunakan tabung LPG secara aman?



Sesuai dengan pedoman teknis penyimpanan dan penggunaan LPG untuk pengguna, LPG biasanya memiliki berat jenis dan densitas yang lebih tinggi dari udara, sehingga jika bocor akan sedikit mengambang di atas permukaan tanah atau lantai. Selain itu, LPG memiliki bau yang unik yang mudah diidentifikasi jika terjadi kebocoran, dan mudah terbakar.


Selain itu, LPG tidak berwarna, tidak terasa ketika dirasa dengan lidah atau tertelat, dan memiliki tingkat racun yang sangat rendah. Jika bocor ke udara dalam konsentrasi 2-3%, dapat menyebabkan kehilangan kesadaran, yang dapat menyebabkan pusing atau pingsan.


Gas LPG memiliki volume penguapan yang besar, 240–270 kali lebih besar dari cairannya, sehingga dapat mengganggu saluran pernapasan jika terjadi kebocoran di ruang tertutup.


LPG berfungsi sebagai pelarut atau solven untuk jenis karet tertentu, dan dank arena mencegah penggunaan selang karet yang tidak sesuai standar.



Untuk memastikan bahwa tabung LPG memenuhi standar keselamatan, Anda harus memastikan bahwa tabung secara fisik bersih, tidak terkontaminasi karat, dan tidak memiliki kerusakan fisik seperti benjolan, penyok, atau goresan yang dalam. 


Selain itu, pastikan segel katup, cap, atau pelindung lainnya, serta karet hitam (karet karet) di dalam tabung dan tanda-tanda atau tanda padanya jelas.


Tabung LPG harus ditempatkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, terlindung dari hujan dan panas langsung matahari, dan tidak dekat dengan sumber api atau kompor.


Mengenai pemasangan dan penggunaan LPG, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pastikan tabung LPG baru yang akan digunakan tidak memiliki segel plastik pada katupnya. Pastikan klem dipasang dengan benar pada kedua ujung selang yang menghubungkan regulator dan kompor. Sebelum memasang, pastikan tombol atau pemutar knob kompor gas mati.


Why Compressed Natural Gas (CNG) is an Ideal Choice for Commercial Vehicles?